06 September 2008

Satu Lagi Manfaat Madu

Satu Lagi Manfaat Madu


Siapa yang tak kenal dengan madu? Seorang muslim yang baik harus kenal dengan zat ini karena ia sangat spesial disebut dalam Al-Qur'an secara eksplisit oleh Rabb semesta alam. Khasiatnya dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit, dan macam-macam manfaat madu lainnya. Kami akan menyuguhkan salah satu khasiatnya yang berkaitan dengan kulit, berikut cara mempraktekkannya. Simak juga tips-tips pengujian keaslian madu. Apa saja?

Sesungguhnya diantara anugerah Allah yang sangat besar kepada kita adalah syariat-Nya yang sangat lengkap untuk kehidupan seluruh manusia. Apa-apa yang Dia perintah maupun segala larangan-larangan-Nya selalu membawa kebaikan pada manusia itu sendiri.

Allah mengajari manusia agar selanjutnya mereka mau berfikir sebagai bukti dari tanda-tanda kebesaran-Nya. Salah satu contoh yang paling jelas dan tidak habis termakan oleh zaman ialah madu. Sebagaimana firman-Nya,

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah:
"Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)."

Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (an-Nahl: 68-69).

Popularitas madu di daratan Asia hingga ke Eropa berlangsung sudah lama. Secara turun-temurun madu dimanfaatkan untuk menjaga stamina tubuh tetap segar dan prima, sekaligus memberi makanan bagi kulit.
Jadi, tidak ada salahnya kalau anda mencoba tips yang mudah dilakukan ini...

Agar raga sehat dan bugar, minumlah satu sendok madu lebah setiap pagi sebelum sarapan. Sedangkan untuk kecantikan kulit, gunakan madu sebagai pelembab, karena kelebihan madu adalah mengikat air. Anda buktikan sendiri setelah memakai madu beberapa lama, insya Allah kulit akan terasa lembab, tidak lagi kusam, dan otomatis gejala penuaan dini jadi pergi jauh.

Caranya sangat mudah, ambil setetes madu, boleh dicampur dengan beberapa tetes air untuk memudahkan pelarutan, lalu oleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Alternatif lain, gunakan madu untuk campuran masker, khususnya untuk menyiasati kulit dengan kelewat kering.
Campur rata sesendok teh madu dengan bubuk masker, beri air sedikit, dan oleskan merata pada wajah. Tunggu beberapa lama hingga mengering, lalu basuh sampai bersih. Lakukan perawatan satu atau dua kali setiap bulan.

Adapun untuk memberi gizi pada kulit, poleskan madu secara merata ke wajah hingga leher dan biarkan beberapa lama. Semakin lama madu berada di kulit, manfaatnya tentu lebih terasa. Sifat madu yang hidroskopis dan desinfektan selain dapat membuat kulit jadi lembut, halus, lentur, segar, juga mampu mengangkat kotoran halus di sela jaringan sel kulit, menyembuhkan luka dan radang.

Pilah-Pilih Madu

Khasiat madu akan semakin terasa, kuncinya pada pemilihan madu yang berkualitas baik. Disarankan, jangan membeli madu karena tertarik oleh kemasannya yang bagus. Belilah madu dalam kemasan kecil, sebab anda perlu melakukan tes untuk menguji keaslian madu. Berikut kiat-kiatnya:
- Biarkan botol madu terbuka beberapa lama. Jika semut segera datang berkerumun, berarti anda telah salah pilih. Ketahuilah, semut tidak menyukai rasa manis glukosa dan fruktosa dalam madu
- Teteskan sedikit madu pada kertas, misalnya kertas koran. Jika madu tersebut cukup cepat mengembang berarti mutu madu itu buruk, karena kadar air yang terkandung terlalu tinggi.
- Ambil sebatang korek api, masukkan ke dalam madu lalu nyalakan. Jika korek bisa menyala, berarti madu tersebut asli.
- Kocoklah madu beberapa saat. Madu yang baik tidak menghasilkan banyak busa.

dari : berbagai sumber

Tidak ada komentar: