30 Oktober 2008

Populer di Mesin Pencari


Punya blog dan situs web berisikan artikel menarik, rasanya tidak akan lengkap kalau tidak dilihat oleh orang banyak. Mesin pencari seperti yahoo maupun google masih menjadi sarana untuk mempopulerkan situs web yang dipunyai, dengan target menjaring lebih banyak pengunjung.

Hanya saja, masih banyak pemilik situs web yang belum memanfaatkan mesin pencari sebagai mediator untuk mempopulerkan situs web yang dimiliki. Ada beragam alasan, yang paling utama karena tak mengerti cara agar situs web bisa masuk ke listing mesin pencari

Padahal baik yahoo, google maupun msn sudah memudahkan proses pelistingan situs web agar terdaftar pada mesin pencari mereka. Yang utama, pastikan situs web yang akan didaftarkan ke mesin pencari, dalam kondisi aktif dan bisa diakses.

Yahoo

Untuk mendaftarkan situs web agar masuk ke dalam mesin pencari yahoo, pemilik situs web harus lebih dulu memiliki akun yahoo, email misalnya. Setelah memiliki akun yahoo, buka halaman utama yahoo dan lihat di bagian paling bawah (footer).

Pilih pada link bertuliskan suggest a site yang selanjutnya akan membuka halaman pemilihan cara pelistingan situs web. Yahoo memiliki beberapa alternatif untuk memasukkan situs web ke dalam mesin pencarinya, beberapa di antaranya berbayar.

Untuk mendaftarkan situs web ke dalam mesin pencari yahoo secara gratis, pilihlah pada submit your site for free. Bila belum login, yahoo akan meminta calon pendaftar untuk lebih dulu login ke layanan mereka

Setelah login, anda akan dibawa ke halaman yang meminta untuk memasukkan alamat situs web dan tekan tombol bertuliskan submit url.

Sampai di sini, proses untuk pendaftaran situs web ke dalam mesin pencari yahoo telah selesai. Tetapi bukan berarti situs web sudah masuk ke mesin pencari yahoo lho. Ada jeda waktu lumayan lama sebelum situs web yang didaftarkan masuk ke mesin pencari mereka.

Google

Google adalah mesin pencari paling populer untuk saat ini, di samping yahoo. Google sebenarnya tidak mensyaratkan kepada pemilik situs web untuk mendaftarkan situs webnya untuk bisa masuk ke mesin pencari google. Soalnya mesin pencari google bekerja dengan sistem robot yang membaca semua artikel web yang aktif di internet secara otomatis.

Makin banyak konten, makin cepat pula kemungkinan untuk masuk ke mesin pencari google. Ada baiknya pula untuk menambahkan keyword dan meta-tag ke dalam situs web untuk memudahkan pembacaan oleh mesin pencari. Walaupun menurut google, dengan kemampuan mesin pencari mereka, pemilik situs web tak perlu lagi repot memasukkan keyword.

Tapi kalau tidak sabar untuk mendaftarkan situs web ke dalam mesin pencari google, bisa pula proses dilakukan secara manual. Ketik alamat url google.com/addurl pada browser internet. Tak perlu login ke google untuk mendaftarkan situs web. Cukup masukkan alamat situs web yang akan dimasukkan ke mesin pencari, disertai komentar mengenai situs web tersebut. Jangan lupa ada kode pengaman berupa susunan huruf yang mesti dimasukkan sebagai verifikasi.

Setelah proses selesai, sama seperti yahoo, pemilik situs web juga harus menunggu sampai google melakukan indexing atau pembacaan tiap-tiap artikel yang diregistrasikan, sebelum masuk ke dalam mesin pencari mereka.

Windows Live

Selain yahoo dan google, mesin pencari keluaran Microsoft yang dinamakan Windows Live, ikut menjadi salah satu mesin pencari populer. Proses listing ke dalam mesin pencari Windows Live sebenarnya sama dengan proses pada google, yang tidak membutuhkan adanya registrasi.

Tapi kalau tidak sabar, bisa juga dengan cara manual dengan mendaftarkannya melalui alamat url http://search.msn.com/docs/submit.aspx yang meminta kepada pemilik web untuk memasukkan kode karakter dan alamat situs web yang akan didaftarkan. Selanjutnya, tentu saja harus menunggu untuk masuk ke listing mesin pencari.

Bila sudah berhasil masuk ke dalam listing mesin pencari, ada baiknya untuk mempelajari trik agar mendapat ranking tinggi di mesin pencari atau diistilahkan dengan search engine optimization (SEO).

Pakai Jalan Pintas

Memasukkan situs web ke mesin pencari satu demi satu, cukup menyita waktu. Sebenarnya ada jalan pintas agar situs web masuk ke mesin pencari dengan waktu yang relatif lebih cepat, melalui jasa search engine submission.

Ada banyak layanan yang menawarkan cara cepat memasukkan situs web ke dalam mesin pencari, di antaranya oleh AddMe, Submit Expres dan banyak nama lainnya di internet. Melalui layanan yang mereka sediakan, pemilik situs web cukup sekali saja memasukkan data, selanjutnya tinggal memilih akan ke mesin pencari mana saja situs web yang dimiliki akan dimasukkan.

Layanan tersebut, ada yang gratis ada pula yang berbayar. Agar lebih hemat, gunakan saja layanan yang gratis. Walau jumlah mesin pencari yang direkomendasikan lebih sedikit, tetapi sebagai langkah awal, itu sudah cukup.

Biasanya, pengelola layanan tersebut hanya meminta pemilik web untuk mengisikan data berupa alamat situs web yang akan didaftarkan, email dan lokasi negara.

Layanan Submit Express versi gratisan, memasukkan listing ke enam mesin pencari populer termasuk google dan yahoo. Masih ditambah lagi dengan ikut memasukkan situs web yang didaftarkan ke 27 mesin pencari lainnya, hanya dengan satu proses klik.

Sedangkan AddMe versi gratisan, memberikan alternatif pilihan untuk 14 mesin pencari yang dipilih, dengan metode proses satu demi satu. Cara ini tetap lebih mudah ketimbang membuka satu demi satu situs web mesin pencari. Masih banyak lagi layanan untuk search engine submission yang bisa digunakan secara gratis, sesuai dengan keinginan. ***

Tidak ada komentar: