04 November 2008

6 Tool Pengganti Jika Komputer telah terkena Virus

Pernahkah komputer anda terkena virus sehingga menyebabkan tidak berfungsinya Task Manager (taskmgr.exe), Registry Editor (regedit.exe), Command Prompt (cmd.exe), System Configuration Utility (msconfig.exe), configuring Folder Options dan Hilangnya Run dari Start Menu? Jika sudah begitu tentu saja akan menyulitkan sebagian pekerjaan kita untuk mengolah komputer.
Jika kita tidak bisa menjalankan Task Manager, berarti kita tidak dapat mengakhiri proses yang not responding. Kitapun juga tidak bisa menggunakan perintah taskkill pada command prompt, karena perintah CMD di disabled oleh virus. Kalau sudah begini, permasalahan akan menjadi makin ruwet.


Untuk mengganti aplikasi yang dimatikan ataupun terserang oleh virus, ada 6 tool yang bisa kita coba. Dengan tool-tool ini kemungkinan besar kita dapat memperbaikinya, tergantung kemampuan dasar yang dimiliki oleh pengguna komputer.
(1) Task Manager : taskmgr.exe

Task Manager sangat penting, karena berfungsi untuk melihat semua proses yang sedang berjalan dikomputer. Selain itu task manager juga berfungsi untuk melihat besar memori dan penggunaan CPU oleh aplikasi yang berjalan. Jika kita mendapati pesan “Task Manager has been disabled by your administrator”, coba gunakan Process Explorer. Aplikasi ini juga dapat dijalankan dari USB flash drive.
[ Download Process Explorer, task manager alternative ]
(2) Registry Editor : regedit.exe

Virus juga dapat mendisable regedit. Jadi kit Without the ability to access tidak dapat untuk melakukan perubahan ataupun membackup registry yang ada. Ketika virus mendisable regedit, kita juga akan menemukan pesan “Registry editing has been disabled by your administrator” pada saat menjalankannya. Sebagai pengganti dari regedit yang bagus adalah RegAlyzer. RegAlyzer harus diinstallasi pada komputer, tetapi dapat juga dijalankan melalui flash drive dengan hanya mengkopi semua folder RegAlyzer.
[ Download RegAlyzer, regedit alternative ]
(3) Command Prompt : cmd.exe

Command Prompt merupakan tool yang sangat ampuh untuk troubleshooting komputer. Jika kita tidak lagi dapat menjalankannya, tentu saja akan banyak mengalami kendala. Tanda-tanda Command Prompt sudah terkena virus akan menampilkan pesan “The command prompt has been disabled by your administrator. Press any key to continue”. Aplikasi pengganti yang dapat mengganti fungsi Command Prompt adalah GS (Greg’s command Shell). Ukuran aplikasi ini sangat kecil dan dapat dijadikan aplikasi portable.
[ Download GS, command prompt alternative ]
(4) Run Dialog Box

Beberapa virus ada yang menghapus menu run dari Start Menu. Hal ini tidak mudah untuk dikembalikan lagi. Ada aplikasi pengganti seperti Run dialog replacement v1.0, ukurannya hanya 48KB dan dapat dijalankan langsung (portable).
[ Download Run Dialog Replacement 1.0 ]
(5) System Configuration Utility : msconfig.exe

MSCONFIG merupakan tempat pertama yang harus kita periksa jika terserang oleh virus. Jika kita menjalankan msconfig dan klik tab Startup, kita lihat apakah ada daftar aplikasi yang mencurigakan tertera disitu. Tetapi jika telah terkena virus tentu saja msconfig tidak bisa dijalankan, dan akan menampilkan pesan error “Windows cannot find ‘msconfig’. Sebagai pengganti kita dapat menggunakan Autoruns.
[ Download Autoruns, msconfig alternative ]
(6) Enable Show hidden file dan proteksi operating system file

Virus selalu aktif didalam sistem memori komputer kita. Pengaruh sebagian virus adalah merubah fungsi dari Windows Explorer. Kita tidak dapat merubah atribut file seperti hidden, archieve, System dan Read Only. Ada aplikasi yang bagus untuk menggantikan File Manager seperti FreeCommander. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai portable

Tidak ada komentar: