04 November 2010

Teknologi UMTS/WCDMA

Wideband Code-Division Multiple Access atau biasa ditulis Wideband-CDMA atau W-CDMA, merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja.
Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps.
Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya
Arsitektur Dasar UMTS
Arsitektur dasar UMTS seperti dijelaskan pada gambar dibawah ini:
arsitektur dasar jaringan umts.jpg
Jaringan mobile UMTS seperti pada gambar diatas terdiri dari : UE/MS, RAN (Radio Access Network), dan CN (Core Network yaitu CS domain, PS domain dan IMS). Ketiga jaringan ini menyediakan akses ke jaringan eksternal. Jika dibandingkan dengan GSM yang merupakan jaringan circuit switched (CS) dan GPRS (General Packet Radio Service) yang menyokong trafik data dengan menambahkan packet switched domain (PS) ke core network, WCDMA sudah berbasiskan CS domain dan PS domain. UMTS/WCDMA bukan merupakan pengembangan dari GSM, karena arsitektur UMTS berubah di bagian RAN (Radio Access Network) dengan menambah jaringan radio akses yang baru yang disebut UTRAN (UMTS Terrestrial Radio Access Network) dan penambahan IMS.
GPRS merupakan cikal bakal untuk layanan 3G dengan perbedaan utama yaitu: penambahan radio akses baru yaitu UTRAN. Jaringan radio akses UTRAN dan GSM dapat koeksis dan terhubung pada corenetwork yang sama, layanan circuit switched tetap ada, namun berubah menjadi berbasis transport paket, pengenalan IMS (IP Multimedia Subsystem) untuk dukungan terhadap IP berdasarkan layananmultimedia. Contoh layanan multimedia yaitu video, voice, layanan simultan dengan data. Layanan packet switched memberikan garansi. QoS yang diimplementasikan dengan kanal transport.
Karakteristik W-CDMA/UMTS mendukung dua mode dasar yaitu FDD (2x5 Mhz) dan TDD (1x5 MHz), dengan kecepatan chip tinggi (3.84 Mcps) dan data rate mencapai 2 Mbps, menggunakan deteksi koheren pada uplink dan downlink berdasarkan penggunaan sinyal pilot, power control yang cepat beradaptasi. Pada WCDMA juga terdapat handover intersystem yaitu handover antara GSM dan WCDMA, serta mendukung pengembangan sistem deteksi dan transmisi yang lebih maju seperti multiuser detection (MUD) dan smart adaptive antenna. 3G didesain untuk memberikan kemampuan komunikasi dan terminal yang maju, ringan (easy-to-use terminal), komunikasi multimedia yang real-time, roaming dan mobilitas global. Teknologi 3G juga didesain untuk banyak hal pada operator-operator dan vendor, dan dengan akses internet dan e-mail dengan kecepatan tinggi 3G sanggup membantu paket data dan sirkuit pada kecepatan (bitrates) yang tinggi yaitu: 144 kbps atau lebih pada trafik mobilitas yang tinggi (bergerak atau saat berkendaraan), 384 kbps pada kondisi trafik pejalan kaki, 2Mbps atau lebih pada trafik diam atau di dalam ruangan. Selain itu jugamampu menentukan letak posisi geografi suatu mobile dan memberikan report/hasil ke jaringan dan terminal mobile.
Handover WCDMA/UMTS
Titipe handover pada wcdma/umts :
1. 1.Hard Handover yaitu dari Node B ke Node B. UE handover antara frekuensi yang berbeda atau antara WCDMA dan GSM (Break before Make)
2. 2.Soft Handover yaitu dari Node B ke Node B. UE handover antara Node B yang berbeda (Make before break)
3. 3. Softer Handover yaitu dari sel ke sel dalam 1 Node B. UE handover dalam 1 Node B tetapi diantara sektor/sel yang berbeda (Make before break)
istilah  Intra dan Inter UMTS :
1. Inter-frekuensi yaitu menunjukkan ke pengoperasian sel/Node B WCDMA lainnya pada frekuensi yang berbeda
2. Intra-frekuensi yaitu menunjukkan ke pengoperasian sel/Node B WCDMA lainnya pada frekuensi yang sama
3. Inter-RAT yaitu menunjukkan ke pengukuran pada RAT (Radio Access Technology) lainnya (WCDMA/GSM)
Data trafik adalah campuran antara dedicated data (voice) dan non dedicated data. Perlu dipisahkan antara trafik suara (dedicated channel) dengan trafik data.
QoS masing-masing layanan berbeda. Pemberian prioritas yang berbeda, tergantung data yang dilewatkan, trafik suara, atau data, atau suara yang dijadikan data. Power Control (PC) dalam WCDMA
Power Control (PC) yang cepat penting untuk performansi WCDMA. Power control ini bertujuan mengontrol power yang dipancarkan tetap pada tingkat yang sama dengan power yang diterima. Juga berperanmemperkecilinterferensidanpemakaian power. Power dikontrol oleh beberapa parameter dan perlu ditetapkan selama optimisasi jaringan.
efek power kontrol.jpg







Efek Power Tx dan Rx pada Tingkat Interferensi

interferensi power tx dan rx.jpg






Radio Resource Management (RRM) bertanggung jawab untuk pemanfaatan efisien pada sumber interferensi udara. RRM diperlukan untuk memaksimalkan performansi radio diantaranya : Garansi Quality of Service (BLER, BER, delay), memelihara setiap layanan planned coverage, menjamin perencanaan kapasitas dengan blok rendah dan mengoptimasi penggunaan kapasitas.
RRM dibagi dalam :
- Power control
- HandoverAdmission Control (AC)
- Load Control (Congestion control)
- Packet scheduling

Sumber : IT-Telkom

Tidak ada komentar: