12 Agustus 2011

KEUTAMAAN SURAT-SURAT AL-QUR`AN

Dibulan Ramadhan seperti sekarang ini kita sangat dianjurkan untuk banyak-banyak Tadarus Al-quran. Berikut beberapa keutamaan Alquran yang saya kutip dari www.almuyassar.com

1. Diriwayatkan dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya beliau bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al- Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. al-Bukhari).
2. Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang membaca al-Qur`an sedangkan dia mahir mela kukannya, kelak akan bersama para malaikat yang mulia lagi baik.Sedangkan orang yang membaca al-Qur`an, tetapi dia tidak mahir,membacanya tertegun-tegun dan tampak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).
3. Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang mukmin yang membaca al-Qur`an adalah seperti buah Utrujjah yang baunya harum dan rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca al-Qur`an seperti buah Kurma yang tidak berbau sedang rasanya enak dan manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur`an adalah seperti Raihanah yang baunya harum sedang rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Qur`an adalah seperti hanzhalah yang tidak berbau sedang rasanya pahit.” (Muttafaq ‘alaih).
4. Diriwayatkan dari Umar bin al-Khaththab radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengangkat derajat beberapa golongan manusia dengan Kitab ini (al-Qur`an) dan merendahkan derajat golongan lainnya.” (Muttafaq ‘alaih).
5. Diriwayatkan dari Ibnu Umar rahimahullah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh iri kecuali pada dua hal: yaitu seseorang yang diberi Allah pengetahuan tentang al-Qur`an dan dia mengamalkannya sepanjang malam dan siang; dan seseorang yang dianugerahi Allah harta, kemudian dia menafkahkannya sepanjang malam dan siang.” (Muttafaq ‘alaih).
6. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf Kitab Allah, maka dia mendapat pahala satu kebaikan sedangkan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf dan Lam satu huruf serta Mim satu huruf.” (HR. at-Tirmidzi dan ia berkata, “Hadits hasan shahih”).
7. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas rahimahullah, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya orang yang tidak terdapat dalam rongga badannya sesuatu dari al-Qur`an adalah seperti rumah yang roboh.” (HR. at-Tirmidzi dan ia berkata, “Hadits hasan shahih”).

Sumber : http://www.almuyassar.com/3038/keutamaan-surat-surat-al-quran/

Tidak ada komentar: